MVP #6: Rizky Syahputra

Hi Collectors!

Nah…bertepatan dengan diadakannya 2nd Gathering MBI dengan tema TOXSIX yang lalu, MBI sempat menyatroni juga target terpilih MVP edisi 6. Adalah gembong MBI aka pak ketua: Rizky Syahputra.

22729032_399355350518326_1313812890974442969_n

Tidak tanggung-tanggung sekalian 7 orang #TeamMVP turut menggerebek kediaman beliau. Dewa Hrishikesa, Irwan Retzkyawan Dahri, Leonardo David Saputra, Taufan Muhammad, Lucky Febrian, Iman Ibnu Hidayat, dan Fahmi bersama dan bergandengan tangan (ciehhhh…) untuk menyusuri goa kebanggaan paketum mencari kebenaran mitos koleksi jersey-jersey match worn (turut ditemukan komik, action figure, dll yang gak kalah gokills!)

Kain apa yg jadi kebanggaannya? Dan sebagai Ketua Umum, apa harapannya terhadap MBI di dunia hobi jersey original Tanah Air? Cekibrot!

Kapan pertama kali koleksi jersey Juventus?

Mungkin jawabannya umum untuk yang seusia saya “Final UCL 96 !” Saat itu mulai jatuh cinta. Tapi betul-betul ga putus mengikuti match Juve week by week mulai 99/00

Siapa yang meratjuni dan apa sih jersey ratjun pertamanya?

Awalnya yang meracuni jersey Juventus pertama kali itu adik sepupu saya, uniknya dia bukan kolektor Juventus, tapi jersey MU. Kebetulan saya beli Juventus Home 06/07 sama dia saat itu. The rest is poisonous history.

22814188_399355233851671_497280043334516035_n

Apa yang membuat serius dalam koleksi jersey original?

Memiliki 1 jersey ibarat memiliki perjalanan sejarahnya. Dan setiap jersey pasti punya sejarah plus kenangan masing-masing, so… the closest thing we can get to the history is by owning the shirts of each season..

Sampai sekarang sudah berapa total jerseynya?

Wah ini yang saya ga pernah hitung sebenarnya. Baru sekarang dapat pertanyaan ini, jadi saya hitung hehe…! Ok, jersey saya +/- total 198, diantaranya 122 jersey Juve dan sisanya genre klub lain.

Jersey apa yang paling berharga?

Mungkin bisa dibilang Toyota Cup 1996. Kebetulan waktu itu didapat sewaktu lagi berkunjung ke Italia tahun 2010. Wishlist cukup lama, dan waktu mencobanya sampe ga berani keluar changing room OLJ store di Milan, krn kota rival. Hahaha. Dan apalagi kain itu skrg sudah dilegalisir ADP langsung 

Tapi start dari situ saya mulai memberi nama dan nomer punggung hampir semua jersey. Dimulai dari Home 2010 #10 Del Piero replika yang saya beli berbarengan dengan Toyota Cup dan langsung minta press nameset disana. Which is hasilnya amburadul. Kitman di Indonesia nampaknya jauh lebih mantap…hehehe…

Jersey mana yang paling susah didapatkan?

Banyak yang melalui proses perjuangan mencarinya, tapi Home 2012/13 Barzagli match issue lengan panjang + signed mungkin jadi salah satu yang paling sulit tapi berkesan untuk pribadi, karena ia pemain idola saya.

Jersey apa yang masih dicari?
Wishlist saya mungkin player issue yang Home 00/01 Coppa dengan sponsor sportal.com dan Away 2012/13 lengan panjang. Ada yang mau bantu mungkin? Hehe…

Berapa budget bulanan untuk urusan hobby ini?

Hahaha ini pertanyaan yang paling sulit. Mungkin budget khusus tidak ada. Semua berdalih atas nama “khilaf” saja. Yang pasti saya masih menganut genre “Beli Ini Jual Itu”

Apa harapan anda sebagai ketua terhadap hubungan antar komunitas kolektor saat ini dan masa depan?

Pertama, harapannya MBI sendiri bisa semakin solid, semakin besar dan terus berkembang kedepannya. Pesan saya pribadi dari awal mendirikan MBI bersama beberapa kawan adalah semoga semua proses bisa selalu diplomatis dan segala kendala diselesaikan dengan musyawarah.

Memasuki tahun kedua saya melihat antusiasme yang semakin luar biasa, juga kerjasama kawan-kawan di pengurus maupun member. Itu yang harus kita jaga bersama.

Disamping itu, semoga MBI bisa demokratis ke dalam dan merangkul ke luar. Dalam arti turut serta bersama-sama komunitas kolektor lain mengembangkan sektor yang sangat potensial ini, agar dunia internasional pun tahu bahwa di Indonesia kolektor jersey original itu nyata #Grazie #ForzaJuve #ForzaMBI